jump to navigation

Cukup 12 SKS Saja January 25, 2009

Posted by desrinda in Akademis.
trackback

Periode pengisian IRS (isian rencana studi) secara online di http://academic.ui.edu telah berakhir, 12-23 Januari 2009 yang lalu.

Dari jatah 16 SKS, tadinya saya “hanya” mengambil 14 SKS. Mata kuliah wajib = 6 SKS, mata kuliah pilihan = 8 SKS. Tapi ternyata harus di-drop 2 SKS karena maksimal 12 SKS yang boleh dipilih untuk mengikuti perkuliahan Semester 2 yang akan datang.

Project Management tidak akan saya drop. It’s my biggest interest, bahkan saya sudah punya topik untuk thesis, yaitu mengenai project management on building telecommunication infrastructure, mumpung sudah sejak beberapa tahun ini bekerja di bidang telekomunikasi.

Perencanaan Sistem Logistik dan Transportasi-nya Pak Amar  juga tidak akan saya drop. Jika thesis nanti akan mengulas optimalisasi pelaksanaan proyek, maka teori-teori dan perhitungan (seperti yang diajarkan beliau dalam kuliah Teknik Kuantitatif di Semester 1 lalu) operations research akan sangat berguna.

Marketing Management saya pertahankan. Pertama, karena saya suka baca buku-buku marketing (terutama Hermawan Kartajaya). Kedua, dosennya Ibu Erlinda adalah PA (pembimbing akademis) saya. Yeah, I just wanna know the academics approach on this kind of knowledge that normally learnt through experience by engineer like me.

Sistem Manufaktur yang akhirnya saya lepas. Silabusnya:
– Jenis produksi dan work floor system.
– Bottlenecks dan antrian.
– Teknologi proses.
– Model persediaan manufaktur.
– Lot sizes dan lead time.
– Sistem dorong (push) dan sistem tarik (pull).
– Cellular dan flexible layout.
– Konsep JIT dan lean system.
– SDM perencanaan operasi dan penjualan.
– Perencanaan induk.
– Perencanaan material.
– Perencanaan sumberdaya.
– Integrasi sistem dan implementasi.

Pak Dachyar pernah bilang, kuliah Pak Yadrifil itu akan sangat berguna untuk mengevaluasi kapasitas subcontractor, kalaupun saya tidak bekerja di industri manufaktur. Namun apa boleh buat, karena keterbatasan jatah SKS yang boleh diambil, terpaksa saya lepas karena paling lemah korelasinya dengan industri jasa yang saat ini saya tekuni.

Masih ada libur kuliah satu akhir pekan nih, dua minggu lagi akan mulai kuliah deh. Got to get myself ready

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

