jump to navigation

Bingung… September 6, 2009

Posted by desrinda in Seminar/Riset/Thesis.
trackback

confused

Duh, kuliah sudah memasuki semester ketiga, masa terakhir untuk belajar bersama-sama di kelas. Saatnya untuk mempelajari metodologi penelitian dan mempersiapkan seminar (forum untuk memaparkan Bab I dari thesis masing-masing). Semester berikutnya, Januari-Juni 2010 yang akan datang, tidak ada lagi jadwal kuliah dan harus sepenuhnya mandiri mengerjakan thesis.

Bingung…topiknya apa ya?

Sesungguhnya saya mengambil pasca sarjana di Teknik Industri ini karena hanya program studi ini satu-satunya yang mengajarkan Project Management di UI. Dulunya, saya sangat tertarik mendalami pengetahuan mengenai manajemen proyek karena kebetulan sedang menjadi karyawan di perusahaan yang core business-nya project-based. Karena itu, di awal kuliah tahun lalu, saya sudah berencana mengambil topik mengenai optimasi eksekusi proyek.

Belakangan, saya belajar bahwa di banyak perusahaan, termasuk di tempat saya bekerja saat ini, seringkali terjadi bahwa Knowledge Management tidak dikelola dengan baik (jika tidak ingin ditulis sebagai “terabaikan”). People tend to hold their knowledge because it’s “knowledge is power” for them. Menarik juga kalau diangkat menjadi thesis mengenai bagaimana metode memulai dan menjalankan “bank ilmu”, khan?

Sempat juga terlintas di benak saya mengenai pentingnya pemahaman mengenai Service Excellence bagi suatu organisasi agar dapat kompetitif di pasar dunia. Ide saya dulu, Marketing Strategy through Six Sigma Application sehingga terintegrasilah ilmu pemasaran dengan TQM (“quality is free“) karena tidak ada alasan bahwa “meningkatkan kualitas akan menyebabkan naiknya COGS (cost of goods sold) sehingga organisasi menjadi sulit berkompetisi”.

Namun krisis moneter global 2008-2009 ini menyadarkan banyak orang bahwa tidak ada perusahaan yang dapat dipastikan bertahan. Sekelas General Motors pun nyaris bangkrut. Tapi Apple bertahan. Jadinya menarik buat saya untuk meneliti: Apakah faktor yang menyebabkan perusahaan rokok Djarum tetap berdiri namun Djambu Bol bangkrut?

Beberapa hari lalu, saya membaca kutipan: “This is the Law of the Yukon, that only the Strong shall thrive; That surely the Weak shall perish, and only the Fit survive.” (Robert Service)

Apakah definisi dari “fit organization“? That’s it…ini bisa juga dijadikan topik penelitian saya untuk dijadikan thesis! Tetapi setelah didiskusikan dengan Pak Amar, sepertinya kekhususan Industrial Management tersebut akan terlalu sederhana…masa’ cuma gini doang?

Jadi, saya masih bingung. Kayaknya sih balik ke Knowledge Management aja kali ya…

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

